Makanan yang paling sulit dicerna tubuh

Mungkin disekitar kita begitu banyak aneka makanan yang super lezat yang menggugah selera yang selalu menggoda kita untuk mencicipinya.

Tapi eitsss tunggu dulu bagi anda yang sedang menderita penyakit gangguan asam lambung, apalagi untuk penderita GERD. Jangan sampai karena tidak tahan tergoda akan membuat anda menderita karena keluhan gangguan dilambung anda.

Ingat semboyannya "Buat apa enak dimulut tapi tidak enak diperut?". Semboyan ini  harus anda bawa kemana saja, terutama saat sebelum menyentuh makanan apapun.

Bersabarlah dulu, anda harus sadar bahwa lambung anda sedang dalam kondisi yang berbeda dengan orang lain pada umumnya. Saat ini bukan hari anda untuk mencicipi makanan tersebut.

Salah sedikit, anda yang akan menanggung resikonya.

Diantara makanan yang harus dijauhi oleh penderita gangguan asam lambung adalah makanan-makanan yang paling sulit dicerna tubuh.

Apa saja ya ?

1. Es krim
Wih... ini makanan favorit, terutama bagi cewek. Dingin-dinginnya begitu menggoda, lembut-lembutnya begitu lezat jika disentuhkan kebibir. Hmm... tapi bagi para penderita gangguan asam lambung tahan dulu. Karena es krim merupakan salah satu makanan yang sulit untuk dicerna. Es krim yang dibuat dari kombinasi produk susu dan berlemak tinggi ini sering dianggap sebagai biang kerok terjadinya kembung dan gangguan pencernaan, terutama bagi penderita intoleransi laktosa yang mana tubuhnya tidak mampu mencerna senyawa pada produk susu.

2. Cokelat
Ini juga nih makanan favorit. Dan memang pada dasarnya cokelat itu lezat dan menyehatkan, tetapi jika dimakan dalam jumlah berlebihan akan mengganggu pencernaan. Karena kandungan kafein dan lemak di dalamnya cukup sulit dicerna oleh tubuh.

3. Makanan yang digoreng kering
Ini juga makanan favorit nih. Tapi makanan yang digoreng mengandung banyak lemak seta berminyak, yang tentu saja termasuk kedalam makanan yang paling sulit dicerna tubuh. Penderita gangguan asam lambung jauhi makanan ini.

4. Makanan pedas
Pedas adalah selera dan cita rasa masakan Indonesia. Tapi untuk penderita gangguan asam lambung wajib menjauhi semua makanan pedas. Apalagi jika pencernaan Anda sensitif terhadap senyawa capsaicin. Capsaicin adalah zat yang banyak terdapat pada paprika dan cabai. Senyawa capsaicin yang berukuran kecil tidak dapat dipecah oleh tubuh sehingga dapat membuat iritasi pada usus halus. Iritasi yang trjadi pada usus halus akan mengganggu gerakan peristaltik, sehingga makanan menjadi terdorong ke usus besar. Akibatnya, timbullah rasa mulas yang bisa berujung pada diare. Karena itu, sebisa mungkin makanlah makanan yang tidak terlalu pedas, terutama bagi anda yang sedang mengalami masalah pencernaan seperti maag dan GERD. Jika kangen pada makanan pedas, makanlah dalam jumlah yang pada siang hari, dan barengi jugadengan nasi atau lauk lain yang tak pedas.

5. Minuman asam
Memang asam mengandung Vitamin C. Tetapi asam yang terlalu tinggi akan mengganggu fungsi kerongkongan dan sulit dicerna

6. Kacang-kacangan
Ya ini juga tidak boleh bagi para penderita gangguan asam lambung. Walau memiliki kandungan yang kaya akan serat dan protein, tapi, kacang juga dapat menyebabkan masalah pada lambung, kaena kadar lemak dalam kacang mencapai 60%. Apalagi jika digoreng. Cara aman memakan kacang agar terhindar dari kembung dan gas pada perut adalah dengan cara mengolahnya menjadi sup kacang merah, atau kacang rebus. Jangan lupa dimasak dalam waktu agak lama, sehingga menjadi lebih mudah dicerna lambung.

7. Kentang tumbuk
Umumnya resep masakan kentang tumbuk selalu dicampur dengan susu dan krim, sehingga harus dijauhi juga oleh para penderita gangguan pencenaan seperti maag, gerd, dll.

8. Bawang bombai mentah
Bawang bombai mentah juga sangat sulit dicerna tubuh. Kecuali jika dimasak terlebih dahulu.

9. Sayuran berdaun hijau
Walau sayuran itu bernutrisi tinggi, kaya serat, dan banyak mengandung vitamin, tapi mengkonsumsi sayuran berdaun hijau terlalu banyak malah membuat tubuh menjadi sulit mencernanya, dan membuat perut menjadi kembung. Namun cara untuk mengurangi beban usus ketika mencerna sayuran yaitu ketika makan sayuran usahakan mengunyahnya hingga halus sehingga kerja usus tidak terlalu berat.

10. Biji-bijian
Seperti biji cabai atau tomat yang umumnya sangat sulit dicerna tubuh.

11. Nangka, Sirsak dan Cempedak
Makan nangka, sirsak, dan cempedak dalam jumlah sangat bisa membuat lambung menderita seharian. Ini karena buah-buahan ini memang sulit dicerna. Semangkuk es teler berisi nangka, atau segelas jus sirsak, atau sebuah cempedak masih aman untuk pencernaan kita. Pastikan buah tersebut tidak mengkal saat dikonsumsi. Buah yang matang akan melunakkan unsur serat yang membuat perut begah.

Itulah 11 Makanan yang paling sulit dicerna oleh tubuh. Untuk anda yang sedang menderita penyakit gangguan asam lambung disarankan untuk segera menjauhi makanan-makan tersebut.

Sekali lagi ingat semboyannya "Buat apa enak dimulut tapi tidak enak diperut?". Semboyan ini  harus anda bawa kemana saja, terutama saat sebelum menyentuh makanan apapun.

Salam sehat.

0 Response to "Makanan yang paling sulit dicerna tubuh"

Posting Komentar